Resep Puding Aneka Rasa, Mulai dari Puding Susu Hingga Puding Buah

Siang-siang begini sudah pusing mencari tahu resep puding mangga paling nikmat dan sedap disantap? Well, kamu bisa coba klik tautan ini https://review.bukalapak.com/food/resep-puding-mangga-ini-gampang-dan-praktis-15-menit-jadi-41179 untuk menemukan resepnya. Nah, kalau belum puas dengan puding mangga, kamu pun bisa membuat aneka puding lainnya, mulai dari puding susu hingga puding buah beragam rasa. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak ulasan berikut.
Puding Susu

Puding yang satu ini memiliki tekstur yang benar-benar lembut. Tak hanya lezat, puding ini juga kaya nutrisi. Proses membuatnya tak terlalu rumit. Kamu yang masih pemula tak perlu takut mencobanya.
Bahan. Untuk membuat sekitar satu loyang puding, siapkan 2 bungkus agar-agar, 2 gelas susu cair, 3 sdt cokelat bubuk, 200 gram gula pasir (bisa juga diatur sesuai selera), 2 butir telur untuk diambil putihnya, dan 4 gelas air putih.
Cara Membuat. Pertama, rebus 1 bungkus agar-agar bersama dengan 100 gram gula pasir dan 2 gelas susu cair. Tambahkan pula 2 gelas air putih. Aduk semuanya hingga merata dan matang. Kedua, kocok putih telur hingga mengembang dan masukkan ke dalam adonan. Selanjutnya, siapkan cetakan dan tuang adonan ke dalamnya. Tunggu hingga adonan dingin.
Ketiga, rebus 1 bungkus agar-agar dengan 100 gram gula. Tuangkan cokelat bubu ke dalamnya, aduk dan rebus hingga matang. Jika sudah, tuangan ke dalam agar-agar yang telah didinginkan sebelumnya. Dinginkan sebelum disantap.
Puding Cokelat Buah

Nah, kalau ingin mencoba puding dengan macam-macam rasa, paduan puding cokelat dan puding buah bisa dicoba. Tak hanya kaya rasa, puding ini juga bisa menjadi paket lengkap untuk santap pagi, siang, maupun malam hari. Paduan rasa cokelat yang manis dan rasa buah yang segar dijamin siap membuat lidahmu tak mau berhenti bergoyang.
Bahan. Untuk membuat puding cokelat, siapkan 1 bungkus agar-agar bubuk, 150 gram cokelat masak pekat, 30 gram cokelat bubuk, 800 mL susu cair, 2 buah kuning telur, dan 130 gram gula pasir atau sesuai selera.
Sementara itu, untuk membuat puding buah, siapkan ½ bungkus agar-agar bubuk, 300 mL susu cair, sekitar 5—6 tetes pewarna oranye, 25 gram gula pasir, 1/8 sdt garam, 1 bungkus jeruk bubuk (bisa menggunakan Nutrisari), 250 ram koktail kaleng, dan 2 butir putih telur.
Cara Membuat. Rebus semua bahan puding cokelat (kecuali cokelat masak dan telur), aduk hingga mendidih. Masukkan cokelat masak pekat yang telah dipotong menjadi bagian-bagian kecil, kemudian aduk hingga larut dengan adonan.
Ambil sedikit adonan, lalu campurkan pada wadah berisi kuning telur, aduk hingga rata. Masukkan adonan kuning telur ke dalam adonan puding cokelat, aduk. Nyalakan kembali api, masak adonan hingga mendidih. Tuang adonan ke dalam loyang dan biarkan hingga setengah beku.
Jika sudah, segeralah rebus bahan-bahan untuk puding buahnya. Aduk bahan hingga mendidih, campurkan bubuk jeruk dan pewarna oranye, kemudian aduk hingga rata. Matikan kompor, kocok putih telur dan garam hingga mengembang. Sambil mengocok, jangan lupa tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit. Campurkan pula sedikit adonan puding dan aduk hingga tidak ada yang menggumpal.
Tambahkan buah koktail, aduk kembali. Selanjutnya, tuangkan di atas puding cokelat yang sudah setengah beku. Jika sudah, panaskan kembali sisa adonan puding cokelat (jika ada), kemudian tuang ke atas puding buah yang sudah setengah dingin. Selanjutnya, dinginkan. Jadi, deh! Puding cokelat buah siap disajikan.
Bagaimana? Siap membuatnya sendiri?
Sumber gambar: Ngegas.com, Kopinikmat.blogspot.com

Cara Mengecilkan Pori Pori Besar Tanpa Membuat Kulit Iritasi!


Pori pori besar adalah salah satu kendala dalam tampilan wajah. Meski sebenarnya fungsi utama dari pori-pori adalah mengeluarkan keringat dan minyak di permukaan kulit, namun jika pori-pori membesar, hal tersebut bisa membuat masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, dan lainnya timbul di wajah. Oleh sebab itu, tak heran seseorang akan berusaha untuk memperbaiki kondisi pori pori besarnya tersebut, karena hal tersebut adalah untuk memperbaiki penampilannya. Apabila kamu adalah salah satu di antaranya, berikut adalah beberapa cara menutup pori pori terbaik untuk permasalahan tersebut. Berikut adalah ulasannya!

  1. Wajah dibersihkan dengan benar

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam mengecilkan pori-pori besar adalah dengan membersihkan wajah. Dalam hal ini, kamu tak boleh sembarangan membersihkan wajah, air yang sebaiknya digunakan adalah selang-seling antara air hangat dan air dingin. Selanjutnya,  baru aplikasikan produk pembersih wajah. Jangan pula untuk melakukan pijatan yang lembut pada wajah dan leher dengan gerakan melingkar selama 30-60 detik. Setelah selesai, bilaslah dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk handuk lembut ke wajah.

  1. Lakukan pengelupasan kulit dengan bantuan scrubbing

Pengelupasan kulit dengan bantuan scrubbing di sini menjadi penting karena bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih di wajah dan membuat pori-pori wajah terlihat mengecil. Lakukanlah scrubbing dua kali seminggu, maka kondisi kulitmu akan membaik dan terus membaik.

  1. Jangan pencet komedo dan jerawat


Jerawat dan komedo memang merupakan dua hal yang sering membuat gemas dan kesal karena dua hal tersebut menganggu penampilan. Akan tetapi, memencet mereka adalah sebuah pantangan yang tak boleh dilanggar. Hal ini karena kebiasaan tersebut sangat tidak baik lho untuk pori-pori wajah. Jerawat atau komedo yang kamu pencet hanya akan membuat pori-pori semakin membesar. Maka, hal tersebut kemudian tidak disarankan lagi untuk dilakukan karena bukan akan menghilangkan masalah pada wajah, malah menambah masalah baru. Jadi jangan lakukan pencetan terhadap pori-porimu lagi ya!

  1. Menggunakan masker wajah

Dalam hal mengecilkan pori-pori wajah, kamu bisa menggunakan beberapa jenis masker seperti putih telur dan clay. Untuk bahan putih telur, ternyata sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar putih telur. Kamu bisa mengaplikasikan masker putih terlur secara langsung atau dengan menggunakan produk kecantikan berupa masker instan putih telur. Jika digunakan secara rutin, hasilnya akan optimal dalam waktu kurang dari sebulan. Kamu juga bisa mencoba menggunakan clay mask yang saat ini menjadi salah satu primadona perawatan kulit. Masker ini ternyata bahan dasar lumpur yang banyak dipercaya mempunyai kemampuan pengangkatan sel kulit mati dan kotoran pada wajah hingga ke lapisan kulit dalam.

  1. Tidurlah dengan wajah yang bersih

Sebelum tidur, jangan lupa untuk membersihkan wajah dari riasan makeup sebelum tidur. Jika tidak dilakukan, bisa membuat pori-pori tersumbat dan juga bisa membuat pori-pori menjadi semakin besar. Hal ini karena saat tubuhmu istirahat, tubuh akan melakukan proses regenerasi kulit sehingga apabila kamu tidak membersihkan wajah, kulitmu tak akan melakukan regenasi.
Selain cara-cara yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa rutin menggunakan tabir surya setiap tiap hari dengan SPF minimal 30 supaya kulit tetap terlindungi dan tidak terpapar langsung dengan sinar matahari. Apabila kamu masih penasaran, untuk info lengkapnya tentang pori-pori wajah yang membesar, kamu bisa baca di link berikut ini ya!
https://review.bukalapak.com/beauty/apakah-pori-pori-kulit-wajah-bisa-mengecil-819

Wow, Ini Berbagai Trend Model Rambut 2018 Wanita, Manakah Favoritmu?

Tutorial kepang rambut tak hanya bisa didapatkan untuk rambut panjang saja. Saat ini pun rambut pendek juga bisa dikepang loh. Jangan lupa lihat cara cara kepang rambut modern di artikel sebelumnya. Dan pada ulasan ini, kamu bisa deh cari tahu model rambut mana yang cocok untuk rambut kesayanganmu. See it!
Memiliki rambut dengan gaya atau potongan yang terbaru dan kekinian, tentunya sedikit banyak akan menyumbangkan penampilan wanita. Tak terkecuali oleh para selebriti tanah air, mereka juga berlomba lomba untuk memiliki rambut yang super cantik kekinian masa kini.
Apalagi buat kamu yang selama ini selalu terpaku dengan gaya rambut yang sama, bila kamu inginkan bereksplorasi boleh dicoba nih gaya rambut wanita kekinian di bawah ini, siapa tahu kan jadi ada juga yang mengikuti tren rambut kamu. Anggap saja bisa ikut memberikan inspirasi bagi orang lain. Hihi
Ini dia ada beberapa model rambut 2018 wanita kekikian yang bisa kamu tiru, beberapa di antaranya pasti sering kamu temukan di layar televisi.
 

  1. Potongan LoB, masih jadi yang populer untuk sepanjang tahun 2018 ini. Menurut hairstylist artist, potongan Lob atau, yang merupakan singkatan dari long bob, memiliki potongan rambut bergaya bob yang memang tidak terlalu panjang maupun pendek.


Meskipun bukan model yang baru di 2018 ini, potongan lob adalah yang masih populer di antara gaya rambut yang lainnya. Jadi untuk kamu yang memiliki rambut panjang, nggak perlu khawatir untuk kehilangan rambutmu yang terlalu banyak.
 

  1. Tak perlu minder karena memiliki rambut yang keriting. Karena rambut keriting kamu bisa jadi inspirasi juga bagi yang lainnya. Nggak tahunya juga semakin ke sini semakin hits aja, gayanya semakin keren kan? Coba lihat saja deh!


 

  1. Feathery Bangs, ini yang bisa kamu temui dengan keadaan poni terlihat ringan dan membuat rambut terlihat mengembang. Bak supermodel, kamu bisa terlihat lebih percaya diri lagi. Bisa jadi inspirasi yang lainnya juga.


 

  1. Kamu juga bisa tata rambut kamu untuk gunakan aksesoris seperlunya seperti jepit rambut yang ditempel di bagian belakang. Tentu cantik bukan, cocok banget deh untuk yang ingin pergi ke pesta, tapi bingung inginkan gaya rambut yang seperti apa.


 

  1. Gaya smooth and slik, juga masih menjadi tren model rambut 2018 wanita Dengan pewarnaan yang menarik pula bisa meningkatkan selera mood kamu loh. Kamu wajib coba deh!


 

  1. Taraaa, pixie cut ini memang jadi semakin tren di tahun 2018 ini. Meski terkesan agak tomboy daripada model yang lainnya. Jangan salah bila ini tetap jadi perhatian saat kamu datang ke pesta. Lihat deh, tak menghilangkan sisi feminim kamu bukan?

  1. Fresh banget nih dengan gaya dan potongan rambut yang seperti ini. Terkenal simple tanpa banyak aksesoris dan buat kamu nggak harus ribet urus sana sini hanya untuk selesaikan tatanan rambut saja. Simple and chic juga kan dilihatnya? Super duper keren deh.


 
 

  1. Super cute, gaya rambut medium ini cocok buat kamu yang menginginkan tampilan manis dan lucu. Lebih terlihat awet muda bukan?


Walau dengan gaya rambut terbaru dan kekinian sekalipun, tetap harus kamu usahakan untuk merawat rambutmu dengan baik. Buat apa kalau miliki gaya rambut tenar, tetapi hasilnya bisa saja merusak rambutmu. Jadi mau tiru gaya rambut yang mana nih?

Masker Ini Ampuh untuk Pereda dan Penghilang Jerawat

 

Masker menjadi produk skin care favorit saat ini. Masker digunakan sebagai pengganti serum, pemutih, dan mengatasi segala masalah kulit. Masker juga sering digunakan untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah. Jika kamu memiliki komedo pada wajah akibat pori-pori besar yang terbuka dan tersumbat, kamu harus menggunakan masker komedo. Tentunya, masker ini berfungsi membersihkan komedo dan mengecilkan pori-pori.
Masker dapat mengatasi berbagai masalah kulit tergatung macam maskernya. Masker dapat digunakan oleh wanita maupun pria.
Cek di sini untuk rekomendasi masker komedo pria.
Sebagai penghilang jerawat, menggunakan masker secara rutin mampu memudarkan noda bekas jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Menggunakan masker sebaiknya dilakukan dua sampai tiga kali seminggu. Menggunakan masker terlalu sering juga tidak baik untuk kulit wajah, apalagi masker bertekstur scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati. Jika terlalu sering menggunakan masker, kegunaan masker sebagai penghilang jerawat bisa-bisa beralih menjadi penyebab munculnya jerawat akibat iritasi.
Jerawat dapat diatasi dan dihilangkan dengan berbagai produk skin care dan perawatan wajah. Anda juga bisa menggunakan masker berbahan dasar alami untuk mengatasi jerawat. Seperti masker campuran oats, madu, dan tetesan lemon. Masker tersebut berfungsi mengangkat sel kulit mati.
Lalu, apa saja sih masker yang berfungsi sebagai penghilang jerawat? Cek informasi di bawah ini untuk mengetahui masker ampuh penghilang jerawat.

  1. The Body Shop Warming Mineral Mask

Masker yang satu ini dikhususkan untuk kulit berjerawat. The Body Shop Warming Mineral Mask dapat mengurangi risiko munculnya jerawat pada wajah dan meredakan kulit iritasi karena jerawat. Masker ini mengandung bahan dasar Kaolin Clay. Kandungan tersebut adalah mineral yang memiliki manfaat untuk menarik dan mengangkat kotoran dari pori-pori. Hal tersebut tentunya dapat mengurangi risiko jerawat.
Selain Kaolin Clay, masker ini juga mengandung ekstrak rumput laut. Ekstrak rumput laut dapat menyeimbangkan kelembaban kulit wajah, baik pada kulit wajah berminyak ataupun kering.

  1. Mustika Ratu Masker Jerawat Indah Warni

Nah, giliran produk lokal yang menunjukkan keunggulannya dalam mengatasi jerawat. Mustika Ratu mengeluarkan produk masker dengan berbagai khasiat. Sesuai dengan ciri khasnya menggunakan bahan alami asli Indonesia, masker Mustika Ratu berbahan dasar alami dari bahan yang sering digunakan oleh perempuan Indonesia sejak dahulu kala.
Salah satu masker yang digemari perempuan Indonesia adalah Mustika Ratu Masker Jerawat Indah Warni. Sesuai namanya, masker ini diperuntukkan pemilik jerawat pada kulitnya. Bahan alami yang terkandung dalam masker ini di antaranya adalah pati beras, belerang, temulawak, klabet, dan bahan alami lainnya. Produk ini juga dapat mengecilkan pori-pori Anda sehingga risiko jerawat muncul pun dapat berkurang.

  1. GlamGlow SUPERMUD Clearing Treatment

Produk perawatan wajah dari GlamGlow memang digemari banyak penggunanya. Salah satu produk yang paling digemari adalah masker penghilang jerawat, yaitu GlamGlow SUPERMUD CLearing Treatment.
Bagi kamu yang memiliki dan bermasalah dengan komedo, produk ini bisa mengatasi dan mengangkat komedo pada kulit wajahmu tanpa memperbesar pori-pori. Produk ini terbilang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Berbeda dengan produk sebelumnya, harga masker GlamGlow SUPERMUD CLearing Treatment terbilang cukup mahal. Namun jangan khawatir, sejauh ini ulasan produk penghilang jerawat ini sangat bagus dan memuaskan.
 
Itulah masker penghilang jerawat yang dapat kami rekomendasikan. Selamat mencoba!
 

Aneka Resep Tahu Nikmat, Tingkatkan Nafsu Makan Anak

Tahu merupakan sumber protein nabati yang berasal dari biji kedelai. Menikmati tahu memang semudah menggorengnya dalam minyak panas saja. Tiriskan, lalu selesai. Namun sayang, sebagian anak sering kali rewel kalo tahu diolah menjadi menu yang itu-itu saja. Kemudian mereka akan bilang, “tahu goreng lagi..tahu goreng lagi”. Nahloh! Daripada kena protes anak, ga ada salahnya kamu mulai coba cara membuat tahu gejrot, rolade tahu sosis, pizza tahu, dan aneka resep tahu lainnya yang ada di artikel ini. Let’s check it out.

Tahu Gejrot

Bahan Tahu Gejrot:
20 buah tahu pong
2 siung bawang putih
1 sdt garam
penyedap rasa secukupnya
150 ml air hangat
minyak  goreng secukupnya
 
Bahan Kuah Tahu Gejrot:
50 ml kecap manis
200 ml air
40 gr gula merah
 
Bumbu Tahu Gejrot (Uleg Kasar):
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
6 buah cabe rawit
Garam secukupnya

Cara Membuat Tahu Gejrot:

  1. Haluskan bawang putih, garam serta penyedap rasa lalu beri sedikit air hangat. Baluri tahu dengan bumbu tersebut, biarkan selama 10 menit agar bumbu meresap.
  2. Goreng tahu hingga kecokelatan. Angkat dan sisihkan.
  3. Masak air, kecap dan gula merah dengan api kecil hingga mendidih. Sisihkan.
  4. Campurkan bumbu uleg kasar dengan larutan kecap. Aduk hingga rata. Masukkan tahu yang telah dipotong-potong. Aduk rata. Tahu gejrot siap dihidangkan.

 

Rolade sosis tahu


Bahan-bahan:
3 buah tahu putih
3 butir telur (2 untuk kulit rolade, 1 ambil putihnya saja untuk campuran tahu)
2 buah sosis, iris tipis
2 sdm tepung terigu
Garam secukupnya
Penyedap rasa
1 siung bawang merah, cacah/rajang halus
1 siung bawang putih, cacah/rajang halus
daun bawang
 
Cara membuat:

  1. Untuk isi rolade: campur tahu, garam, penyedap, cacahan bawang merah, bawang putih, dan daun bawang.
  2. Setelah semua tercampur, uleni hingga lembut. Proses menguleni bisa menggunakan tangan atau spatula plastik. Setelah selesai, tambahkan tepung terigu dan putih telur.
  3. Untuk kulit rolade: kocok telur, kemudian beri sedikit garam. Goreng telur melebar dan tipis-tipis di panci anti lengket seperti membuat kulit lumpia.
  4. Tiriskan telur, lalu susun adonan tahu di atasnya. Tambahkan sosis yang sudah diiris tipis. Gulung seperti menggulung sushi.
  1. Kukus selama 30 menit. Supaya tidak mekar ketika di kukus, bungkus gulungan rolade dengan plastik bening bersih.
  2. Potong sesuai selera.

 

Pizza tahu

Bahan-bahan:
100 gr tahu, potong dadu
30 gr bawang Bombay, potong slice
20 gr paprika merah, potong dadu
20 gr paprika hijau, potong dadu
10 gr tepung tapioka
4 butir telur
50 ml susu cair segar
150 gr keju cheddar, parut
penyedap rasa
30 gr mentega
 
Cara membuat:

  1. Campurkan telur, penyedap rasa, susu segar, dan tepung tapioka. Kocok hingga tercampur sempurna.
  2. Panaskan mentega di Teflon lebar. Masukkan adonan pada step 1 ke teflon. Masak dengan api kecil.
  3. Masukkan tahu, paprika merah, bawang bombay, dan paprika hijau.
  4. Tutup Teflon, dan tunggulah hingga benar-benar matang.
  5. Angkat, tambahkan keju parut, saos atau mayonnais sesuai selera.

Sapo tahu ayam


Bahan-bahan:
2 potong dada ayam, iris tipis
½ bagian tahu Cina halus, iris.
1 buah wortel, iris, rebus sebentar, tiriskan
1 ikat kecil kembang kol, potong per kuntum
1 batang daun bawang, iris serong
2 buah jamur hitam, iris tipis
10 buah jamur kancing, iris menjadi 2 bagian
 
Bumbu:
1 siung bawang putih, memarkan
2 sdm kecap ikan
2 sdm kecap manis
garam dan lada secukupnya
Pelengkap:
1 sdt minyak wijen
Larutan tepung sagu (campur ½ sdm tepung sagu dan ½ gelas air, aduk rata)
Cara membuat:

  1. Goreng tahu cina hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis semua bahan bersama dengan bumbu, tambahkan 2 gelas air. Masak hingga air menyusut sebagian.
  3. Tuang larutan tepung sagu . Aduk perlahan hingga mengental. Tambahkan minyak wijen, angkat dan hidangkan.

Referensi resep >> https://review.bukalapak.com/food/dalam-waktu-kilat-resep-tahu-gejrot-ini-sudah-bisa-disantap-27772

Bikin Ngiler, Ini Resep Es Teler yang Bisa Kamu Coba Sendiri di Rumah

Ada banyak variasi menu es atau menu hidangan pencuci mulut di Indonesia. Mulai dari es buah, es campur, es teler, hingga es-es lainnya yang bisa kamu pilih suka-suka. Berbagai sajian es segar ini bisa kamu jumpai di pedagang kaki lima maupun restoran berbintang. Namun, untuk kamu yang mau menikmati lezatnya pencuci mulut ini kapan saja, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Apalagi, resep es campur, es buah, atau es teler bisa kamu cari di internet.

Seperti judul artikel ini, kamu ke sini pasti mau tahu resep es teler, bukan? Nah, langsung saja, ya, kita bahas resep es teler, koktail buah khas Indonesia ini. Simak, yuk!

Resep Es Teler

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 1 butir kelapa muda, serut halus
  • 1 buah alpukat, pisahkan bijinya lalu serut
  • 10 buah nangka, potong dadu
  • 15 butir kolang-kaling, potong kecil-kecil menjadi 2—4 bagian
  • ½ liter sirup
  • 5 sendok makan susu kental manis
  • Es serut secukupnya

Lalu, untuk sirupnya, kamu juga bisa membuatnya sendiri, lho. Kamu hanya perlu menyiapkan:

  • 400 cc air kelapa
  • 100 gram gula pasir

Nah, setelah semua bahannya siap, kita mulai proses membuat es teler, ya. Pasti kamu sudah nggak sabar, kan? Oke, langkah pertama, siapkan beberapa gelas saji. Gelas saji ini nantinya berfungsi untuk menampung semua bahan es teler. Jadi, pilihlah gelas saji yang cantik, ya, terutama kalau kamu berencana menyajikan es teler ini ke beberapa orang khusus, seperti tamu penting atau kekasih, hehehe.

Setelah gelas saji siap, ambil dan masukkan serutan kelapa muda. Kemudian, masukkan pula serutan buah alpukat. Lalu, tambahkan beberapa sendok potongan kecil kolang-kaling, jumlahnya sesuaikan saja dengan kebutuhan, ya.

Kelapa muda, alpukat, dan kolang-kaling sudah masuk? Setelah itu, siram susunan buah dan potongan kolang-kaling tersebut dengan sirup yang terbuat dari campuran air kelapa dan gula pasir. Oya, jangan sampai lupa juga untuk menambahkan susu kental manis di atasnya.

Terakhir, tambahkan es serut secukupnya, sesuai dengan selera kamu. Dan, voila! Es serut siap dihidangkan! Mudah bukan?

Bagaimana? Kamu tertarik membuatnya? Bila iya, ada beberapa tips, nih, buat kamu. Pertama, pastikan buah yang kamu pakai adalah buah yang segar, ya. Pilih buah yang berkualitas baik agar es teler buatanmu pun makin nikmat. Selain alpukat, nangka, dan kelapa muda, kamu juga bisa menambahkan buah-buah lain yang kamu suka. Kreasikan saja sesuai seleramu asal jangan sampai merusak cita rasa klasik dari es teler ini, ya. Mengapa demikian? Sebab, kita tahu ada banyak varian es atau hidangan pencuci mulut di Indonesia.

Di awal artikel ini, kamu membaca tentang sop buah, es campur, lalu sekarang es teler. Tiga varian es ini rasanya hampir mirip-mirip, bukan? Semuanya punya cita rasa manis dan segar buah-buahan. Nah, jangan sampai kamu berniat membuat es teler, tetapi malah nyerempet sop buah karena kamu terlalu banyak memasukkan buah-buahan. Setiap varian es punya cita rasa klasiknya masing-masing. Setuju?

Sekarang, coba deh praktikkan resep es teler di atas. Kalau sudah, coba juga resep es campur yang bisa kamu baca di sini https://review.bukalapak.com/food/resep-es-campur-segar-ini-pas-diseruput-di-tengah-hari-43456, ya. Seru, kan, kalau tahu dan bisa mencoba berbagai macam resep es ini? Jadi, kalau-kalau nanti siang harimu panas, tak perlu repot-repot beli es di luar, tinggal buat saja sendiri di rumah. Oke?

Selamat mencoba!

Sumber gambar: smithsonianapa

Bingung Bikin Variasi Menu Masakan? Masak Ikan Kembung Aja!

 
Buat kamu yang setiap hari selalu dihadapkan dengan kegiatan yang namanya memasak, pernah enggak mengalami kesulitan menentukan menu baru untuk dimasak? Kendala ini pasti dihadapi oleh kamu yang setiap hari sibuk dengan urusan dapur atau minimal punya kewajiban untuk memasak masakan untuk keluarga. Masalah lainnya, kalau kamu mau buat variasi menu, bahan yang dibutuhkan sulit kamu dapatkan. Makanya, yang kamu perlukan sebetulnya cuma bahan makanan yang biasa ada di pasar, namun dengan cara penyajian yang berbeda. Tapi, kalau penyajiannya sulit, pasti merepotkan juga. Nah, daripada pusing, baiknya masak ikan kembung aja! Ikan kembung bisa dimasak dengan banyak cara. Selain itu, resepnya pun mudah, seperti resep pepes ikan kembung.
Masak ikan kembung dengan berbagai pilihan resep juga cukup mudah dan bisa dilakukan dengan cepat untuk sajian menu andalan sehari-hari. Meski bahannya sama-sama ikan kembung, kalau cara memasak dan resepnya bervarasi, tentu keluarga tidak akan cepat bosan. Selain itu, sebenarnya ada dua jenis ikan kembung yang bisa ditemukan di pasar, yaitu ikan kembung como dan ikan kembung banjar.
Ikan kembung como ukuranya cukup besar dan agak melebar. Kalau diperhatikan, ikan kembung como memilikigaris kuning dari kepala sampai ekornya. Selain itu, di bagian ekornya juga ada bagian sisik yang mengeras. Daging ikan kembung como cenderung lembut dan nikmati disajikan bahkan hanya dengan digoreng biasa. Sementara itu, ikan kembung banjar memiliki ukuran yang lebih kecil dan bentuknya memanjang. Di bagian atas dekat ekornya justru terlihat warna biru yang agak kehijauan. Dagingnya juga lembut, namun cenderung lebih padat.
 
Ikan kembung sehat dan murah
Kenapa memilih masak ikan kembung sebagai pilihan untuk mendapatkan variasi menu sehari-hari? Selain karena ujaran Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti, yang mengajak masyarakat Indonesia untuk makan ikan, sebenarnya ikan, khususnya ikan kembung, punya banyak kelebihan. Ikan kembung mengandung protein tinggi. Sebagaimana makanan laut lainnya, ikan kembung juga mengandung omega 3 yang baik untuk tubuh. Bayangkan saja, dalam 100 gram ikan kembung saja ada kandungan kalori sebanyak 125 Kkal, 21,3 gram protein, 3,4 gram lemak, 136 mg kalsium, dan 0,8 mg zat besi. Semua itu membuat ikan kembung menawarkan kadar gizi yang cukup untuk tubuh.
Protein dalam ikan kembung sangat baik untuk pembentukan jaringan-jaringan tubuh. Lemak ikan kembung yang lebih rendang dibandingkan daging juga menjadikannya lemak sehat. Jadi, masak ikan kembung juga bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang sedang diet.
Selain sehat, ikan kembung juga mudah ditemukan di pasar dan dijual dengan harga murah. Di pasar tradisional, kamu bisa mendapatkan ikan kembung dengan harga yang sangat terjangkau sehingga kamu bisa lebih menghemat pengeluaran. Untuk 1 kg ikan kembung saja yang bisa berisi 6—8 ekor ikan kembung, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp50.000 dari dompetmu. Itu bisa untuk memberi makan satu keluarga dalam sehari, kenyang dengan nasi dan sambal.
 
Variasi masak ikan kembung
Ikan kembung pun dapat diolah dengan berbagai cara memasak. Kamu bisa menggorengnya seperti biasa dan mendapatkan ikan kembung yang gurih dicampur sambal. Yang cukup populer, ikan kembung biasa dimasak dalam bentuk pepes ikan kembung. Kalau mau yang lebih berbumbu, ada ikan kembung pesmol. Variasinya, kamu bisa membuat ikan kembung goreng bumbu kuning. Dan sebetulnya masih banyak lagi variasi masak ikan kembung yang bisa kamu coba di rumah denan resep yang mudah.
 
Untuk mendapatkan variasi menu terbaik, masak ikan kembung adalah pilihan yang cerdas.  Selain sehat dan murah, ikan kembung bisa diolah menjadi berbagai macam menu dan pastinya nikmat disantap sekeluarga. Nah, kalau ingin lihat variasi masakan ikan kembung lainnya, langsung saja kamu lihat di https://review.bukalapak.com/food/tidak-ada-yang-bisa-menolak-resep-pepes-ikan-lezat-ini-27250.
Sumber gambar: iCook Asia

5 Kreasi Masakan Ayam yang Wajib Kamu Coba, Mana Pilihanmu?

Tempe dan tahu selama ini dikenal sebagai lauk pokok masyarakat Indonesia. Selain mudah  didapat dan punya harga bersahabat, keduanya juga kaya protein dan baik bagi kesehatan. Nah, jika sesekali bosan dengan keduanya, pilihan selanjutnya adalah ayam. Tak heran, berbagai jenis masakan dari ayam kini terus berkembang dan bermunculan. Tongseng ayam tentu hanya satu dari sekian banyak kreasi masakan ayam yang bisa kamu coba.
Nah, jika sudah sering merasakan nikmatnya tongseng ayam, tak ada salahnya mencoba mencicipi kreasi masakan ayam lainnya yang dijamin tak akan kalah nikmat. Butuh referensi? Yuk, cek ulasan berikut ini.

1. Ayam Bakar Taliwang
Seperti namanya, ayam bakar taliwang yang dikenal sebagai masakan khas Lombok ini berasal dari Desa Karang Taliwang. Sama seperti masakan khas Nusantara lainnya, ayam bakar taliwang juga punya cita rasa istimewa yang tiada duanya. Paduan rasa gurih dan pedas yang benar-benar menggigit pada bumbunya menjadi kunci dari cita rasa masakan ini. Pertama kali diperkenalkan oleh Haji Murad, ayam bakar taliwang menggunakan ayam kampung yang masih berusia sekitar 3 bulan. Tak heran, rasa ayam bakar ini amat empuk dan tidak berlemak. Hmm, mau mencobanya?
2. Ayam Bakar Bumbu Rujak
Pada dasarnya, setiap ayam bakar adalah sama. Hal yang membedakan adalah bumbu yang menyertai setiap sajiannya. Nah, ayam bakar bumbu rujak ini dikenal memiliki cita rasa yang amat khas. Masakan yang biasanya disajikan dalam acara-acara selamatan ini punya perpaduan rasa gurih dan sedikit pedas. Seperti halnya ayam bakar taliwang, masakan yang satu ini juga dibuat dari ayam kampung yang masih muda. Memang, rasa ayam kampung muda tak ada duanya!
3. Opor Ayam
Masakan ini biasanya khas dengan hari raya atau perayaan-perayaan spesial lainnya di Indonesia. Namun, saat ini, tak sulit kok menemukan opor ayam di berbagai warung makan atau restoran tertentu. Rasa ayam yang dimasak hingga empuk serta paduan kuah opor yang kental dan kaya akan rempah dijamin siap menggoyang lidah siapa saja yang menyantapnya. Apalagi jika disajikan bersama ketupat atau nasi hangat. Wuih, tak ada yang bisa menandingi rasanya.
4. Ayam Rica-Rica
Ini dia masakan khas nusantara lainnya. Berasal dari Manado, Sulawesi Utara, masakan yang stau ini khas dengan rasa pedas dan gurih. Kata rica sendiri berasal dari bahasa Manado yang berarti ‘pedas’ atau ‘cabai’. Karena telah tersebar di berbagai daerah, resep untuk membuat ayam rica-rica pun beragam, bergantung pada kreasi masing-masing masyarakat pembuatnya. Disajakan bersama nasi hangat dan dilengkapi dengan mentimun serta bawang goreng, hmmm nikmat!
5. Chicken Katsu Crispy
Berbeda dari empat masakan lainnya, chicken katsu crispy merupakan salah satu kreasi masakan ayam khas Jepang. Masakan yang dibuat dengan cara digoreng ini juga punya cita rasa yang khas, lho! Untuk membuatnya, fillet dada ayam, telur, tepung terigu, tepung roti, garam dan merica, serta minyak harus disiapkan. Digoreng dengan api sedang, masakan khas yang satu ini sangat cocok untuk menemani makan siang atau makan malam kamu.
Bagaimana? Tertarik mencoba salah satu kreasi masakan di atas? Atau justru tertarik ingin membuatnya sendiri? Well, selamat mencobanya, ya!
Baca juga: Resep Tongseng Ayam Ini Sedap & Pedasnya Menggigit di Lidah (klik tautan berikut: https://review.bukalapak.com/food/resep-tongseng-ayam-ini-sedap-and-pedasnya-menggigit-di-lidah-15378)
Sumber gambar: YukPiknik.com

Resep Es Campur, Penghilang Dahaga yang Manjur


Kamu tim sop buah atau es campur? Dua minuman ini sama-sama ampuh menghilangkan dahaga. Cara membuat sop buah pun lebih kurang sama mudahnya dengan membuat es campur.
Nah, ulasan kali ini kita akan membahas resep es campur, ya. Ada dua resep yang bisa kamu coba, nih, yaitu es campur biasa dan es campur santan. Dua-duanya enak, bergantung pada selera masing-masing.
Tanpa banyak basa-basi, langsung saja simak ulasan resep es campur ini, ya!
 
Es campur biasa
Pertama, kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.
Bahan-bahan

  • Sirup kemasan, secukupnya. Bisa juga membuat sirup sendiri dari air yang ditambah gula dan daun pandan, kemudian direbus sampai mendidih.
  • 2 hingga 3 bungkus agar-agar berkualitas bagus, pilih yang warnanya berbeda agar lebih menarik.
  • Cincau hitam, potong sesuai selera
  • 1 buah melon segar ukuran sedang, potong dadu
  • 1 buah manga matang dan segar ukuran sedang, potong dadu
  • Buah nanas secukupnya, potong dadu
  • Buah nangka secukupnya, potong dadu
  • Buah semangka secukupnya, potong dadu
  • Buah papaya secukupnya, potong dadu
  • Susu kental manis secukupnya
  • Es batu atau es serut secukupnya sesuai selera

Nah, setelah semua bahan siap, kita mulai proses membuat es campur, ya. Langkah pertama, ambil dan siapkan gelas atau mangkuk. Kemudian, tata agar-agar dan potongan buah di dalam mangkuk tersebut. Lalu, tambahkan sirup kemasan atau sirup buatan secukupnya sesuai selera. Selanjutnya, masukkan juga es serut lalu beri susu kental manis secukupnya sesuai selera.
Setelah itu, jadilah es campur manis sesuai seleramu. Mudah, bukan? Sekarang kita beralih ke resep es campur santan, ya.
 
Resep es campur santan
Bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat es campur santan adalah:

  • Es kristal atau es serut kualitas bagus. Akan lebih baik bila kamu menggunakan es batu yang dibuat sendiri dari air matang.
  • 2 buah alpukat segar dan bagus berukuran sedang atau besar 2. Kerok-kerok kecil sesuai selera.
  • 300 gram daging kelapa muda yang sudah dikerok
  • Kolang-kaling manis secukupnya
  • 200 gram cendol hijau segar
  • 150 gram kacang merah yang sudah dibersihkan sebelumnya
  • 200 gram cintau hitam berkualitas bagus yang telah dipotong kotak-kotak
  • 8—10 potong nangka segar yang sudah dikelurkan bijinya. Potong kecil-kecil sesuai selera.
  • 200 gram stroberi segar berkualitas bagus. Cuci bersih lalu potong potong bentuk dadu kecil atau sesuai selera
  • 500 ml—550 ml Sebaiknya, gunakan santan dari perasan buah kelapa supaya lebih legit dan enak
  • Sirup merah (cocopandan) merek favorit masing-masing sesuai selera
  • Susu kental manis untuk topping bagian atas, putih atau coklat sesuai selera

Setelah semua bahannya siap, kita mulai proses membuat es campur santan, ya. Pertama, rebus santan dengan api kecil sambil tetap diaduk perlahan supaya santan tidak pecah. Jika sudah mendidih, matikan api kompor dan angkat santannya. Selanjutnya, siapkan mangkuk atau wadah lain untuk tempat penyajian es campur, bisa juga menggunakan gelas saji. Lalu, masukkan alpukat yang sudah dikerok sebelumnya, kolang-kaling, kacang merah, daging kelapa muda, cendol hijau, nangka, stroberi, dan cincau hitam secukupnya ke dalam mangkuk atau gelas. Atur supaya campuran buah-buahannya tampak rapi dan menarik.
Setelah itu, tambahkan sirup merah terlebih dahulu, kemudian santan untuk kuahnya. Lalu, masukkan es serut atau es kristal di bagian paling atas. Selanjutnya, tuang topping susu kental manis di atasnya.
Voila! Jadilah es campur santan yang nikmat dan gurih. Sama seperti es campur biasa, membuat es campur santan tergolong mudah, bukan?
Oh, ya, untuk kedua resep di atas, kamu bisa mengkreasikan pilihan buah-buahannya sendiri, kok. Jadi, tak masalah bila kamu mau menambah atau mengurangi buah dari yang ada di dua resep itu. Oke?
Baca juga https://review.bukalapak.com/food/cara-membuat-sop-buah-segar-yang-pas-jadi-pelepas-dahaga-setelah-puasa-20995 untuk tahu resep sop buah yang nikmat, ya!
Selamat mencoba!
Sumber gambar: destinationksa

Juaranya Makanan Khas Cirebon

Kalau bahas soal makanan khas Cirebon kira-kira readers akan kepikiran apa? Terasi? Iya boleh lah hehe kalau kita ngobrolin rujak pasti kebayang buah-buahan yang diaduk dengan bumbu rujak yang terbuat dari gula merah dan bahan-bahan lainnya. Terus kalau kita ngobrolin kangkung bahan makanan apa yang kira-kira terbayang? Sop bening? Tumis kangkung asam manis? Hari ini si maman minta mimin makanan yang sehat tapi khas. Yah mimin bingung mau masak apa. Kalau yang khas suka repot gitu masaknya. Akhirnya mimin searching dah tuh mbah Google. Makanan sehat yang simpel. Akhirnya mimin menemukan makanan khas Cirebon yang unik yaitu rujak kangkung. Resep rujak kangkung ini rupanya khas dari daerah Cirebon loh readers. Kalau biasanya rujak identik dengan buah-buahan. Beda dengan Cirebon. Mereka membuat rujak yang terbuat dari kangkung.
Sebelum kita mulai memasak. Kita harus tahu nih, apa saja kandungan gizi yang ada pada kangkung. Manfaat kangkung antara lain:

  1. Menurunkan kolesterol

Biasanya om-om dan tante-tante sudah angat takut untuk makan-makanan yang mengandung lemak seperti santan. Nah, untuk menurunkan kolesterol bolehlah om dan tante makan kangkung.

  1. Vitamin A untuk mata

Kalau ini sudah sangat umum disebutkan emak-emak di dapur bahwa kangkung baik untuk mata. Ternyata bukan hanya wortel saja ya yang baik untuk mata.

  1. Vitamin A, C dan Beta-Karoten untuk Jantung

Vitamin-vitamin A,C dan Beta-karoten pada kangkung mampu menjadi anti-oksidan untuk tubuh sehingga baik untuk jantung. Vitamin-vitamin pada kangkung ini juga yang berperan untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga jantung agar tetap sehat.

  1. Sistem imun

Kangkung adalah salah satu sayuran berwarna hijau. Sayuran hijau dipercaya mampu meningkatkan sistem imun manusia.

  1. Vitamin B kompleks dan omega 3 untuk kualitas otak

Kalau mba-mba atau mas-mas yang kesulitan fokus dan konsentrasi bisa coba makan kangkung ini ya. Karena kandungan B-kompleks dan omega 3 pada kangkung mampu membantu meningkatkan kinerja otak. Sayuran ini juga sangat cocok untuk anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan ya bunda.

  1. Mencegah diabetes

Vitamin-vitamin yang ada pada kangkung mampu menghambat penyerapan gula sehingga akan membantu mencegah diabetes.

  1. Mencegah Anemia

Vitamin-vitamin yang ada pada kangkung juga mampu merangsng produksi sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia.
Setelah tahu kandungan dan manfaat apa saja yang ada pada kangkung, yuk kita langsung praktek memasak rujak kangkung khas Cirebon. Pertama-tama, siapkan dulu bahan-bahannya yaitu:

  • 2 ikat kangkung yang dipotong kemudian rebus
  • Air 1 liter

Bahan sambal asam :

  • 10 buah Cabai rawit besar
  • Garam
  • ½ potong gula merah
  • 3 mata Asam jawa sebanyak.
  • 2 cm Terasi yang bakar
  • 3 buah Bawang merah

Langkah-langkah Resep Rujak Kangkung :

  • Uleg bumbu rujak seperti bawang merah, asam jawa, garam dapur, cabai rawit, gula merah dan terasi,
  • Tambahkan 5 sendok air pada bumbu rujak yang sedak diuleg dalam cobek.
  • Kalau sambel uleg masih terlalu kental tambahkan 2-4 sendok lagi air.
  • Rebus kangkung secara dadakan. Sampai kangkungnya layu.
  • Siapkan piring saji untuk menaruh kangkung yang sudah dirbeus secara dadakan.
  • Siram kangkung yang ada dipiring dengan sambel yang sudha dibuat.
  • Rujak kangkung sambal asem siap dihidangkan.

It is so easy ya readers. Si maman juga doyan banget tuh kayanya sampa ambil nasi lagi. Okelah mimin pamit dan mau makan dulu yak. Selamat mencoba!
https://review.bukalapak.com/food/makan-sayur-enak-dengan-resep-rujak-kangkung-siap-dalam-20-menit-saja-46530
Sumber gambar: cookpad.id