nugget 1

Cara Mudah Membuat Nugget Nikmat dan Sehat Untuk Anak

nugget 1

Sudah menjadi rahasia umum jika nugget telah menjadi makanan yang digemari dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Nugget merupakan olahan daging ayam atau sapi yang dibalut dengan tepung bumbu dan tepung roti yang biasanya dikemas dalam bentuk frozen food. Paduan tepung bumbu dan tepung roti ini membuat nugget menjadi renyah di luar dan lezat rasa di dalamnya. Nugget sudah dibuat dengan berbagai variasi bahan dan bentuk sehingga lebih menarik untuk disantap. Biasanya penikmat nugget adalah anak-anak karena mereka menikmati bentuk nugget yang lucu dan rasanya yang enak. Ibu-ibu biasanya menyajikan nugget sebagai makanan alternatif bagi anak. Oleh karena itu, ibu-ibu sebaiknya mengetahui cara membuat nugget sendiri di rumah karena mengkonsumsi nugget yang mengandung bahan pengawet terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan.

Cara membuat nugget sendiri di rumah sebenarnya cukup mudah dan bahan-bahan yang diperlukan pun tidak sulit. Agar lebih bergizi bagi anak-anak sebaiknya nugget yang dibuat divariasikan dengan menambahkan sayuran di dalamnya. Hal ini terutama karena anak-anak biasanya lebih sulit mengkonsumsi sayuran dibandingkan mengkonsumsi daging. Jadi dengan menambahkan sayuran pada nugget, Anda bisa meningkatkan nilai gizi yang ada di nugget buatan Anda. Lalu bagaimana cara membuat nugget sayur yang enak? Bahan-bahan apa saja yang diperlukan? Yuk simak di bawah ini!

Cara Mudah Membuat Nugget Nikmat dan Sehat Untuk Anak

nugget 2

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu :

  1. 300 gram daging ayam yang digiling halus
  2. 3 butir telur ayam
  3. 1 buah wortel (parut kasar)
  4. 2 batang daun bawang (iris halus)
  5. 100 gram tepung roti
  6. 100 gram tepung terigu
  7. 2 siung bawah putih (haluskan terlebih dulu)
  8. 1 sdt kaldu bubuk (bisa kaldu ayam atau kaldu sapi)
  9. 1 sdt garam
  10. 1 sdt gula
  11. 1 sdt merica

Untuk membuat nugget sayur, pertama-tama kocok 2 butir telur hingga tercampur rata. Masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, garam, gula, merica, dan kaldu bubuk (bisa kaldu ayam atau kaldu sapi sesuai selera). Kemudian bahan-bahan yang telah dicampur tersebut kocok hingga merata. Selanjutnya campurkan telur yang sudah dikocok sebelumnya dengan tepung terigu, aduk lagi hingga adonan tercampur dengan baik. Masukkan daging ayam giling, wortel yang telah diparut, dan irisan bawang daun, kemudian aduk kembali hingga merata.

Langkah berikutnya yaitu mencetak adonan nugget sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa membuat adonan nugget dengan bentuk yang lucu dan menarik agar disukai oleh anak-anak. Ingat, jangan membuat adonan nugget yang terlalu besar, bentuk adonan dibuat berukuran sedang saja agar bisa matang sempurna ketika dimasak. Setelah semua adonan tercetak, kukus adonan tersebut selama kurang lebih 15-20 menit.

Kemudian kita persiapkan wadah yang berisi tepung roti dan nampan kosong untuk menyimpan adonan. Kocok satu butir telur di wadah terpisah. Setelah 15-20 menit, adonan yang sudah dikukus lalu diangkat dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Masukkan adonan nugget ke kocokan telur, lumuri hingga merata. Kemudian masukkan ke dalam wadah berisi tepung roti. Balut adonan nugget dengan tepung roti hingga tertutup sempurna. Ulangi kegiatan ini sampai seluruh adonan habis. Setelah semua adonan terbalut tepung roti, diamkan adonan tersebut ke dalam kulkas selama 20-30 menit hingga tepung roti menempel sempurna pada adonan. Setelah 20-30 menit, adonan nugget tersebut bisa digoreng. Nugget goreng homemade kini bisa dinikmati oleh Anda sekeluarga.