Home Mens Menyelami Masa Lalu Inggris melalui Serial Peaky Blinders

Menyelami Masa Lalu Inggris melalui Serial Peaky Blinders

by Erin Nuzulia
Peaky Blinders

Beberapa tahun yang lalu, Jagat serial film diramaikan oleh serial Sherlock Holmes yang mengusung latar kolosal di Inggris. Mulai dari budaya hingga suasana abad 18 dan 19 Inggris ditampilkan dengan begitu apik berbalut cerita detektif yang sangat mendebarkan. Serial ini sukses memikat hati para penggemar film-film drama sejarah. Yang tidak kalah menarik, kehidupan masa lalu Inggris ditampilkan dengan begitu realistis. Sementara, akhir-akhir ini, keluar serial yang juga mengusung era kolosal di Inggris, berjudul Peaky Blinders. Film ini ditayangkan secara serial pula, melalui platform Netflix di saluran BBC Two. Bagaimana kiprahnya sejauh ini, mari kita bahas bersama.

Peaky Blinders

Peaky Blinders merupakan sebuah drama kolosal yang menceritakan keluarga mafia pada awal abad 20, tepatnya berlatar pada tahun 1919an, di Birmingham, inggris. Pemeran utama dalam serial ini adalah komplotan mafia yang punya ciri khas jahitan silet ke ujung topi mereka. Komplotan ini dipimpin oleh Tommy Shelby, mafia ambisius dan haus kekuasaan, yang diperankan oleh Cilian Murphy. Kelompok ini merasa terganggu setelah kedatangan Inspektur Kepala Chester Campbell yang didatangkan untuk mengamankan daerah Birmingham ini.

 

Serial satu ini sudah keluar sejauh 6 episode. Masing-masing episode memiliki konflik dan pemecahannya sendiri yang plot twistnya sulit ditebak dan alur ceritanya lumayan menarik. Pada Episode 1, serial ini lebih menyoroti asal-usul komplotan Peaky Blinders ini. Mereka dibentuk oleh veteran Perang Dunia 1, Thomas Shelby untuk tujuan judi ilegal dan pasar gelap. Alur berubah dengan konflik-konflik lokal seputar kelompok tersebut yang juga masih merupakan keluarga Thomas Shelby.

 

Episode 2 hingga episode 6 kurang lebih alur juga menyoroti permasalahan yang melanda kelompok Peaky Blinders dengan situasi sekitarnya. Dengan latar Inggris yang masih sering berkontak dengan tentara Irlandia, juga konflik utama Peaky Blinders dengan Billy Kimbers. Alur dibuat cukup dramatik sehingga, sepanjang episode 1 hingga 6, penonton tidak serta merta dibuat bosan walau permasalahan yang ditampilkan cukup sederhana.

Baca Juga:  Kenali Aroma Khas Parfum Pria

 

Serial Peaky Blinders ini ditulis oleh Steven Knight dan disutradarai oleh Otto Bathurst dan Tom Harper.. Asal pembuatannya terinspirasi dari cerita orang tua Knight saat mereka kecil. Dengan kata lain, serial film ini memang semi biopik, di mana tahun 1919 memang terbentuk sebuah komplotan yang bernama Peaky Blinders yang menguasai penjuru Birmingham, Inggris.

 

Ada yang menarik dari serial Peaky Blinders satu ini. Meskipun serial ini menampilkan sinematografi yang apik dengan gaya kolosalnya, namun terkadang aktor dan latar kurang konsisten dalam menampilkan kekolosalannya. Hal ini membuat latar suasana dan budaya terkadang menjadi kabur, antara awal abad 20 atau awal abad 21. Hal ini kemudian dapat disimpulkan dari adanya proses pembuatan latar yang memang ingin mencampurkan realisme gangster Inggris dan cita rasa koboi Hollywood. Kelemahan dalam ketidakonsistenan dari latar Peaky Blinders ini tampaknya tidak dianggap serius oleh penggemarnya, bahkan kritikus. Secara garis besar, film ini tetap menarik. Bahkan, skor di IMDB menunjukkan 8.4 dari 10, sedangkan di Rotten Tomattoes 4,4 dari 5.

Peaky Blinders

Nah, itulah ulasan sekilas mengenai Peaky Blinders yang kurang lebih memotret keadaan Inggris pascaperang dunia pertama dan sebelum perang dunia ketiga. Yang ditampilkan bukanlah dari sisi politik pemerintahan yang jadi sorotan sejarah konvensional, tetapi lebih ke gejolak masyarakatnya di tengah-tengah situasi yang belum stabil pascaperang dunia pertama. Secara garis besar, film ini sangat menarik untuk ditonton, terlebih lagi bagi kamu yang sangat menyukai drama kolosal. Jika ingin referensi lebih lanjut mengenai film-film menarik dan berkaitan dengan drama kolosal, kamu bisa lihat link berikut: https://review.bukalapak.com/mens-style/nonton-peaky-blinders-ini-cara-mudah-menerapkan-shelby-look-untuk-pria-110269

 

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More