Home Finance Mau Aman Investasi? Obligasi Pilihan Utamanya

Mau Aman Investasi? Obligasi Pilihan Utamanya

by Erin Nuzulia
obligasi adalah

Salah satu instrumen investasi yang banyak di lirik oleh orang adalah Obligasi. Investasi obligasi termasuk yang risikonya rendah namun bisa memperoleh keuntungan yang lumayan besar. Sebelum membahas lebih jauh lagi mengenai obligasi, tahukah kamu sebenarnya apa itu obligasi? Obligasi adalah surat hutang yang diterbitkan oleh suatu entitas misalnya saja pemerintah atau perusahaan dalam periode tertentu.

Dengan memiliki obligasi, pemerintah atau suatu perusahaan berhutang pada yang membeli obligasi. Karena hal ini, jika membeli obligasi akan ada timbal balik berupa kupon yang akan dikeluarkan pemerintah atau perusahaan setiap bulannya yang tentunya menjadi keuntungan instrumen investasi ini.

Obligasi adalah investasi yang aman dibandingkan dengan saham maupun reksa dana. Hal ini dikarenakan kupon yang diberikan dalam persentase tertentu ini sudah diketahui ketika produk obligasi ini terbit. Dengan kata lain, bagi yang menginvestasikan uangnya di obligasi akan mendapatkan kupon flat rate yang tentunya menggiurkan.

obligasi adalah

Kehilangan uang investasi tentunya akan sangat rendah, berbeda dengan saham dan reksa dana yang bisa saja harganya turun. Jika dibandingkan dengan deposito, persentase keuntungan yang didapatkan dari obligasi biasanya lebih besar. Jadi, jika kamu termasuk investor pemula yang kurang berani menerima risiko yang tinggi, obligasi merupakan salah satu instrumen investasi yang tepat.

Jika kamu sudah memantapkan diri untuk memulai berinvestasi di instrumen obligasi, hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah jenis obligasi itu sendiri. Jika dipelajari lebih lanjut, obligasi yang kamu temui akan berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Selain itu ada banyak pihak yang menerbitkan obligasi misalnya saja pemerintah yang menerbitkan obligasi dalam mata uang rupiah, mata uang asing. Selain pemerintah, ada juga perusahaan dan lembaga pemerintahan yang menerbitkan obligasi.

Jenis obligasi tersebut Tentunya akan berdampak kepada keuntungan yang akan diperoleh. Untuk itu penting sekali untuk mempelajari hal ini. Berikut adalah jenis jenis obligasi yang perlu diketahui.

  1. Obligasi Pemerintah

Obligasi ini biasanya diterbitkan oleh Kementrian Keuangan. Obligasi ini ditawarkan oleh pemerintah kepada masyarakat yang dananya akan digunakan untuk APBN Pemerintah. Obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah termasuk obligasi yang sangat aman karena dijamin sendiri oleh pemerintah. Contoh Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah adalah produk ORI, SUKUK (Sukuk Retail). Pemerintah akan menerbitkan obligasi tersebut pada jangka waktu tertentu, jadi ketika periode tersebut dibuka, barulah masyarakat bisa membelinya.

obligasi adalah

 

  1. Obligasi Korporasi

Obligasi yang ini diterbitkan oleh perusahaan swasta. Dana dari obligasi yang dikeluarkan tentunya untuk mendanai bisnis perusahaan dengan harapan akan lebih berkembang dikemudian hari. Biasanya obligasi ini lebih sedikit berisiko daripada obligasi pemerintah. Namun, karena ada risiko yang lebih tinggi, imbal dari obligasi korporasi biasanya jauh lebih tinggi juga sesuai dengan prinsip dalam investasi yaitu high risk high return, low risk maka low return.

Selain jenis obligasi berdasarkan pihak yang mengeluarkan, obligasi juga dibedakan dari jenis suku bunga obligasi tersebut. Jenis obligasi berdasarkan jenis suku bunga adalah sebagai berikut.

  1. Obligasi dengan Suku Bunga tetap

Sesuai dengan namanya, maka kita akan mendapatkan imbal berupa suku bunga yang tetap selama periode obligasi hingga jatuh tempo.

 

  1. Obligasi dengan Suku Bunga Mengambang

Jenis obligasi dengan suku bunga ini akan berpedoman pada suatu indeks pasar uang, jadi suku bunga akan berbeda-beda tergantung rate pada pasar uang.

 

  1. Obligasi inflasi

Obligasi inflasi ini adalah obligasi di mana nilai pokok hutang akan mengacu pada indekss inflasi. Biasanya suku bunga yang didapatkan jauh lebih rendah daripada obligasi dengan suku bunga tetap.

 

Itulah jenis-jenis obligasi yang perlu diketahui. Jadi, kapan akan memulai investasi instrumen yang satu ini.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More