Home Life Style Cara Terhindar Dari Pergaulan Remaja yang Salah Kaprah

Cara Terhindar Dari Pergaulan Remaja yang Salah Kaprah

by Nicholas Caldwell

Kenakalan remaja saat ini sangat memprihatinkan karena banyaknya individu yang dengan mudahnya terjerumus dalam pergaulan remaja yang salah kaprah. Hal tersebut dipicu oleh beberapa faktor diantaranya yakni pengawasan orang tua yang kurang maksimal, lingkungan yang kurang baik, dan mudahnya akses informasi.

Usia remaja adalah kondisi seorang individu dalam pencarian jati diri dan rasa penasaran yang cukup tinggi sehingga menimbulkan sikap egosentris.  Pergaulan remaja yang semakin bebas dan mengkhawatirkan ini hampir tidak dapat dicegah dengan norma masyarakat yang berlaku. Sehingga para orang tua harus memahami cara-cara menghindari pergaulan bebas, diantaranya yaitu:
Pendidikan Agama yang Kuat
Membentuk pondasi yang kuat bagi remaja adalah para orang tua mengarahkan anaknya untuk mempelajari ilmu agama dengan tekun dan sabar
Karakter yang Positif
Karakter Positif pada manusia harus dibentuk sejak dini yang dimulai dari keluarga hingga lingkungan sekitar.
Teman yang Baik
Meskipun sebagai manusia harus berteman dengan siapa saja, namun Anda harus memilih teman akrab yang baik atau berada di lingkungan teman yang berakhlak baik.
Hubungan Keluarga yang Erat
Para orang tua dan anak-anaknya harus membangun komunikasi yang baik agar terjalin hubungan yang baik pula sehingga seorang anak lebih percaya pada orang tuanya.
Pendidikan Seks Sejak Dini
Masalah seksualitas memang sangat rentan sehingga orang tua harus dapat memberikan pemahaman tentang pendidikan seks sejak dini agar anak remajanya tidak terseret arus pergaulan bebas.
Lingkungan yang Kondusif
Lingkungan yang kondusif sangat penting bagi pergaulan remaja karena merupakan tempat kedua dalam bersosialisasi.
Gunakan Waktu Luang
Gunakan waktu luang sebaik mungkin dengan berbagai kegiatan yang positif dan bermanfaat sehingga para remaja tidak akan memiliki waktu untuk bersenang-senang tanpa faedah.
Pengetahuan yang Luas
Wawasan yang luas akan membantu seseorang dalam meraih kesuksesan sehingga akan fokus dan bersikap positif dalam menjalani kehidupan.
Komunikasi Keluarga yang Baik
Jika terdapat perbedaan pendapat antara orang tua dan anak, maka harus segera dikomunikasikan agar tidak memicu seorang anak masuk kedalam pergaulan remaja yang salah.
Taat Hukum
Memberikan pengetahuan dan pendidikan bahwa seorang individu harus taat terhadap hokum dan norma sosial yang berlaku.
Percaya Diri
Agar seorang anak tidak mudah masuk dalam pergaulan remaja yang salah adalah meningkatkan rasa percaya diri.
Pembatasan Pergaulan
Membatasi pergaulan adalah satu cara agar tetap berada di lingkungan yang memberikan pengaruh positif.
Tujuan Hidup
Setiap individu harus memiliki tujuan hidup sehingga lebih fokus pada hal-hal yang akan dicapai.
Berperilaku Baik
Seorang remaja hendaknya selalu menjaga sikapnya agar tetap di arus pergaulan yang benar.
Pembatasan Waktu Diluar Rumah
Para orang tua harus memberikan pembatasan waktu bagi anak remajanya saat diluar rumah. Hal ini bertujuan agar seorang anak lebih memiliki tanggungjawab sehingga tidak terjerumus pada pergaulan remaja yang bebas tanpa batas.FB

Baca Juga:  Sisi Lain Gaya Hidup Agamis yang Harus Anda Ketahui

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More