Home Hobbies 6 Jenis Ikan Koi Terbaik dan Cara Perawatannya

6 Jenis Ikan Koi Terbaik dan Cara Perawatannya

by Erin Nuzulia
ikan koi 1

Bagi Anda yang gemar memelihara ikan hias, Anda pasti tidak asing dengan ikan koi. Ikan koi merupakan ikan hias yang banyak digemari. Ikan yang berasal dari Jepang ini dipercaya oleh masyarakat Jepang sebagai simbol persahabatan dan simbol cinta. Bahkan ikan koi ini juga dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Oleh karena itu, banyak pecinta ikan hias yang gemar memelihara ikan koi karena menyukai warna ikan koi yang cerah berwarna-warni dan percaya pada mitos keberuntungan tersebut.

Untuk memelihara ikan koi, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal diantaranya benih terbaik, kolam yang bersih, dan air yang berkualitas. Pertama, Anda perlu memilih benih ikan koi yang baik dengan melihat dari fisik dan warna ikan.

Jika fisiknya terlihat baik dan warnanya cerah, tandanya ikan tersebut sehat dan bisa berkembang dengan baik. Kemudian setelah mempersiapkan benih, Anda harus menyiapkan kolam ikan yang bersih dengan sirkulasi air yang terjaga dan kualitas air yang baik. Oleh karena itu, sebaiknya jika Anda memelihara ikan koi, Anda perlu rajin membersihkan kolam Anda agar ikan koi dapat tinggal dengan nyaman. Terakhir, Anda juga harus mempersiapkan pakan terbaik untuk ikan koi agar dapat berkembang dengan baik.

Setelah mengetahui cara perawatan ikan koi, Anda harus mengetahui juga berbagai jenis ikan koi yang paling digemari masyarakat. Ikan koi yang masuk dalam jenis ikan Karper Cyprinuscarpio memiliki beberapa jenis yaitu

6 Jenis Ikan Koi Terbaik dan Cara Perawatannya

KOHAKU

Ikan koi jenis ini tergolong ikan koi tertua diantara jenis ikan koi lainnya. Warna ikan koi jenis kohaku ini biasanya memiliki warna dasar putih dengan corak warna merah. Jadi ikan koi jenis kohaku ini biasanya hanya memiliki dua motif warna. Ikan koi jenis kohaku ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis diantaranya Tancho Kohaku, Maruten Kohaku, dan Gin Rin Kohaku.

 

Baca Juga:  7 Peraturan dalam Billiard yang Harus Kamu Tahu!

TAISHO SANKE

Ikan koi jenis Taisho Sanke ini sekilas mirip dengan ikan koi jenis kohaku, namun perbedaannya terletak pada motif warna yang lebih beragam. Persamaan dengan ikan koi jenis kohaku yaitu pada warna dasar yang sama-sama berwarna putih, namun ikan koi jenis taisho sanke ini memiliki pola warna merah yang dikombinasi dengan warna hitam.

 

SHOWA SANSHOKU

Ikan koi jenis ini mirip dengan ikan koi jenis taisho sanke namun perbedaannya hanya pada motif warna hitamnya saja. Ikan koi jenis showa sanshoku ini biasanya hanya disebut ikan koi showa saja. Dari segi warna, ikan koi ini masih memiliki warna dasar putih seperti ikan koi jenis lainnya. Perbedaannya yaitu warna hitam pada ikan koi showa ini terletak di seluruh tubuh, sementara pada ikan koi taisho sanke hanya terletak di bagian atas saja. Bahkan motif warna hitam ini ada di bagian kepala juga, sehingga berbeda dari ikan taisho sanke yang kepalanya masih didominasi warna putih.

 

ASAGI

Berbeda dengan jenis ikan koi sebelumnya yang banyak didominasi motif warna putih dan merah, ikan koi jenis asagi ini memiliki pola biru pada bagian belakang tubuh dan kombinasi merah-oranye pada bagian perut dan sirip.

 

SHUSUI

Ikan koi jenis shusui ini merupakan keturunan dari ikan koi jenis asagi, sehingga motif warna pada ikan terdiri dari warna putih, merah, oranye, dan biru. Namun ada hal yang berbeda dengan ikan koi jenis asagi sehingga kita perlu mengamatinya dengan seksama. Ikan koi jenis shusui ini memiliki warna sisik dorsal yang membedakan warna jaring biru pada koi Asagi.

TANCHO

Jenis ikan koi ini termasuk ikan koi keturunan dari ikan jenis kohaku. Jika melihat ikan tancho ini, kita pasti langsung menemukan perbedaannya dengan jelas. Ikan koi jenis tancho ini tidak memiliki motif warna sebanyak ikan koi lainnya, bahkan cenderung berwarna putih bersih. Hanya saja pada bagian kepalanya ada titik merah sehingga dapat dibedakan dari ikan lainnya. Menurut kepercayaan orang Jepang, bentuk titik merah pada kepala ikan koi ini mirip dengan gambar bendera Jepang. Bahkan ikan koi tancho juga dihormati masyarakat Jepang karena ada legenda masyarakat Jepang tentang ikan koi ini.

SHIRO UTSURI

Jika Anda melihat ikan ini, Anda akan melihat perbedaan yang sangat jelas. Jika ikan koi jenis lainnya memiliki dominasi warna putih, merah, dan hitam, namun ikan koi jenis shiro utsuri ini hanya mempunyai warna dasar hitam yang bercorak warna putih di seluruh tubuh.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More