Home Techno 5 Alasan Penting Kenapa Harus Menggunakan Hashtag di Instagram

5 Alasan Penting Kenapa Harus Menggunakan Hashtag di Instagram

by Erin Nuzulia
hastag 2

Kalian pasti familiar dengan hashtag yang sering dituliskan di berbagai media sosial terutama di Instagram kan? Sebenarnya apa fungsi hashtag sih?

Kebanyakan orang akan mendapatkan like dan view yang banyak jika menuliskan hashtag tertentu. Kadang hashtag yang ditulis pun belum tentu nyambung dengan post feed Instagramnya. Jadi sebenarnya kenapa sich perlu hashtag, berikut alasannya:

5 Alasan Penting Kenapa Harus Menggunakan Hashtag di Instagram

  1. Menambah Follower

hastag 1

Nah, untuk alasan yang pertama ini, pasti orang-orang bakal menginginkannya. Siapa sich yang ga suka jika follower Instagramnya bertambah drastis dan dikenal oleh pengguna lainnya. semakin sering kamu menulis hashtag atau tagar secara konsisten maka akan semakin banyak followermu. Hashtag juga berfungsi untuk mengetahui algroritma sosial media dengan memeriksa seberapa bagusnya performa hashtag yang kamu buat.

  1. Branding Atau Promosi Produk

Fungsi hashtag lainnya adalah untuk mempromosikan jualanmu. Untuk membuat hashtagnya pun kamu harus menyesuaikan dengan brand dan juga konten yang kamu tulis. Semakin banyak hashtag yang kamu buat dan semakin sesuai dengan produk yang kamu jual, maka pembeli akan lebih mudah mendapatkan info dari produkmu. Jika banyak akun sudah mengunjungi feed jualanmu maka kamu bisa dengan mudah menggaet pangsa pasar yang sesuai dengan produkmu.

  1. Mendapatkan Peringkat Top Post

hastag 2

Salah satu strategi untuk mendapatkan top post melalui hashtag adalah dengan membuat hashtag serupa yang mendaptkan view post lebih sedikit dan terkesan eksklusif. Dengan strategi tersebut, postmu bisa mendapatkan posisi top post karena saingan hashtag yang tidak terlalu banyak.

  1. Mengkategorikan Konten

Nah, hashtag Instagram sangat perlu ditulis  untuk mengategorikan jenis konten apa yang kamu post, apakah tentang fotografi, self-reminder ataupun mengenai produk jualan. Dengan kesesuaian hashtag dan konten, maka orang yang ingin mencari konten tertentu bisa dengan mudah mendapat informasi melalui hashtag tersebut.

Selain itu, Instagram juga menyediakan pilihan follow hashtag, sehingga ada kemungkinan jika konten yang telah kita post bisa tersebar ke pengguna lainnya sesuai dengan minat konten yang telah di post.

  1. Hashtag sebagai Kata Kunci di Search Engine Instagram

Nah, jika pengguna Instagram ingin mencari hashtag yang sesuai dengan apa yang ingin dicari, maka pengguna bisa melakukan searching dan pilih tags. Pada bagian tags itulah pengguna bisa mengunjungi hashtag yang diinginkan, maka sangat disayangkan jika a kamu berjualan dan  tidak menuliskan hashtag apa pun di kontenmu. Nah, agar hashtagmu sesuai sebagai kata kunci, maka kamu harus melakukan beberapa hal di bawah ini :

  • Cari Kata Kunci yang Sesuai

Membuat hashtag memang tidak sembarangan karena tujuan kita membuat konten adalah agar konten kita dikenal oleh pengguna lainnya. Maka langkahnya adalah lakukan terlebih dahulu brainstorming kata kunci dengan melihat produk yang akan ditawarkan, siapa yang akan melihat konten kita, objek apa yang akan diposting, lokasi dan lain sebagainya. Hal tersebut berguna agar pengguna lain menemukan konten yang telah kita posting.

  • Menelusuri Hashtag yang Difollow oleh Para Selegram

Namanya selegram pasti punya banyak follower kan. Nah, dari selegram tersebut kita bisa mencari hashtag apa yang biasa mereka follow. Tentunya hashtag yang selegram follow pasti karena postingannya menarik ataupun tidak banyak spamming. Nah, dengan strategi itu kita bisa membuat hashtag yang lebih menarik dan lebih banyak pengguna yang mengakses konten kita.

Dari ulasan di atas, penggunaan hashtag memang sangat penting dalam sebuah konten atau post Instagram kan. Tunggu apalagi, segera buat hashtag menarikmu ya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More